Panduan Membeli Printer Laser atau Inkjet

3 Langkah Praktis Memilih Printer Laser & Printer Inkjet Ekonomis

Oleh: Arif Rahmat

Alumnus Teknik Informatika ITB 99

 

Mungkin Anda pernah mengalami kesulitan dalam menentukan jenis printer yang akan dibeli, apakah printer laser atau printer inkjet. Ada ratusan tipe dari berbagai merek printer yang ditawarkan. Sebenarnya Anda dapat segera mengambil keputusan yang tepat dengan mempertimbangkan printer itu akan digunakan untuk keperluan apa, serta mengetahui kelebihan dan kelemahan dari setiap jenis printer, baik itu printer laser maupun inkjet.

Setelah lebih paham tentang printer mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan, Anda akan dapat memperkecil jumlah pilihan, atau setidaknya bisa lebih fokus dalam menentukan satu atau dua pilihan, bukan hanya terjebak dengan harga printer yang tampak murah saja. Apa saja yang harus diperhatikan?

    1. Perjelas Kebutuhannya.

a. Printer yang akan dibeli apakah akan digunakan di rumah atau di kantor?

promoUmumnya, penjual printer akan menyarankan printer inkjet untuk digunakan di rumah, dan laser untuk digunakan di kantor. Namun perlu diketahui, kebanyakan printer inkjet yang rusak pada penggunaan di rumah disebabkan karena lama tidak digunakan, atau penggunaannya kurang sering. Rusaknya bisa berupa tintanya macet, atau berupa hasil cetak yang kotor. Jadi bila jarang digunakan atau volume cetaknya sedikit, sebaiknya pilih printer laser saja, karena lebih rendah risiko macet atau rusaknya walaupun lama tidak digunakan. Harga printer laser kini juga makin terjangkau. Ada beberapa pilihan printer laser yang harganya di bawah 1 juta rupiah.

Penggunaan printer laser di kantor juga perlu mempertimbangkan berapa banyak perkiraan biaya yang akan dikeluarkan sepanjang tahun serta berapa banyak orang yang diperbolehkan menggunakan printer tersebut. Apakah printer akan ditempatkan di meja setiap karyawan, atau dipusatkan di setiap divisi atau setiap ruangan saja? Apakah printer tersebut memiliki fitur keamanan untuk pencetakan dokumen rahasia, atau fitur pencetakan otomatis untuk dokumen dua sisi?

b. Butuh mencetak dokumen warna atau cukup hitam saja?

Semua printer inkjet terkini pasti sudah bisa mencetak dokumen berwarna. Ada printer inkjet yang khusus untuk foto, ada juga yang untuk dokumen biasa. Ada 2 pilihan, apakah ingin yang biaya tintanya murah, atau ingin yang printer-nya murah? Untuk memperoleh biaya tinta yang murah, sebaiknya pilih printer yang dilengkapi Continuous Ink Supply System (CISS), lazim disebut sebagai printer inktank. Setidaknya Anda tidak perlu beli tinta lagi hingga 5000 atau 6000 halaman.

Untuk printer laser, ada yang hitam alias mono laser, ada juga yang berwarna atau color laser. Printer laser berwarna tentu harganya lebih mahal daripada mono laser.

c. Apakah ada batasan harga tertingginya? Berapakah biaya untuk tinta atau tonernya ?

Saat Anda membeli ponsel, itu adalah investasi. Saat Anda membeli pulsa, itu adalah biaya. Perlu diingat bahwa membeli printer adalah sebuah investasi, bukan biaya.

Bila setiap kali printer bermasalah, kemudian Anda harus mengeluarkan biaya yang sama dengan harga printer baru, atau bahkan harus membeli printer baru, itu artinya printer yang Anda beli telah menjadi biaya, bukan lagi investasi.

Bagi Anda yang akan dibelikan printer oleh orang tua, atau ingin memberikan printer kepada anak yang kini sudah mahasiswa maupun pelajar, sebaiknya hindari printer inkjet yang masih menggunakan cartridge, walaupun harga awalnya tampak lebih murah. Selain karena berpotensi banyak keluhan, printer model ini biasanya tinggi biaya pemeliharaannya, termasuk biaya pembelian tintanya. Pastikan bahwa printer yang dibeli untuk keperluan mahasiswa atau pelajar dapat bertahan setidaknya hingga dia lulus dari kuliah atau sekolahnya.

Pelajar atau mahasiswa mungkin membutuhkan printer untuk tugas sekolah atau kuliahnya. Tetapi setelah memiliki printer, jumlah yang akan dicetaknya mungkin akan jauh lebih banyak daripada laporan tugas-tugasnya. Bisa jadi ada beberapa kawannya yang akan ikut menumpang cetak (gratis tentunya), atau banyak foto-foto berharga atau poster berwarna yang akan ikut dicetaknya untuk ditempel di dinding kamarnya.

d. Berapa perkiraan halaman yang akan dicetak setiap harinya?

Ada istilah daily duty cycle yang dapat diartikan sebagai jumlah halaman yang mampu dicetak oleh sebuah printer. Dengan memperkirakan jumlah dokumen yang akan dicetak, kita dapat memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan. Makin tinggi kecepatan printer, makin tinggi juga daily duty cycle yang dimilikinya.

e. Mengapa tidak sekalian dengan scanner-nya?

Daripada membeli scanner secara terpisah, kini telah tersedia beragam pilihan printer all-in-one. Bukan hanya fungsi scanner yang didapatkan, tetapi juga fungsi mesin fotokopi bahkan fax. Dengan memilih all-in-one, maka akan lebih hemat tempat, hemat waktu, dan tentu hemat biaya.

Pemindaian dokumen kini telah menjadi kebutuhan utama di setiap instansi, bahkan pribadi sekalipun. printer-multifungsiMengeluarkan investasi untuk membeli scanner dokumen 20 ppm dapat bernilai di atas 5 juta rupiah. Sedangkan dengan menggunakan scanner pada printer  all-in-one, harganya dapat dipangkas menjadi 2,5 juta rupiah saja, sudah termasuk scanner, dan printernya sekalian.

Ada 2 macam scanner pada printer all-in-one, ada Automatic Document Feeder (ADF), ada flatbed.

Dengan scanner flatbed, Anda dapat melakukan pemindaian/scanning sejumlah dokumen, membuat salinan paspor dan KTP, serta salinan 1 atau 2 lembar dokumen. Bila Anda ingin membuat salinan dokumen sejumlah belasan atau puluhan halaman dengan cepat, printer yang memiliki scanner ADF adalah pilihan yang lebih bijak.

Scanner ADF pada printer ternyata juga punya fungsi lain. Scanner tersebut dapat dipasangkan dengan perangkat lunak pemeriksa ujian, salah satunya bernama DMR buatan ITB. Selain untuk pemeriksaan ujian, kombinasi scanner ADF dan DMR juga dapat digunakan untuk rekapitulasi kuesioner survei, pemilihan suara maupun entri data.

f. Butuh kecepatan atau akurasi ?

Printer laser jauh lebih cepat daripada inkjet. Kecepatan printer laser adalah konstan, sedangkan kecepatan printer inkjet tidak konstan. Kecepatan sebenarnya pada printer inkjet  dipengaruhi oleh banyaknya materi yang akan dicetak pada sebuah halaman. Makin banyak materi, makin lama selembar halaman dicetak.

Untuk akurasi warna maupun ketinggian resolusi, printer inkjet ternyata lebih baik kualitasnya. Perhatikan kualitas printer pada saat digunakan dengan mode ekonomis alias hemat tinta. Apakah kualitas cetaknya masih dapat diterima atau tidak? Anda tentu tidak dapat mencoba semua merek dan tipe printer sebelum membelinya. Sebagai penggantinya, Anda dapat membaca ulasan atau review dari orang-orang yang telah melakukan perbandingan kualitas dari berbagai tipe & merek printer, sebagai contohnya: https://arifrahmat.wordpress.com/2016/09/07/mencari-printer-warna-murah-terbaik-dan-hemat-tinta-brother-t300-t500w-t700w-bag-1/ )

Apabila dokumen yang akan dicetak banyak mengandung tabel dan garis tipis, misalnya pada dokumen laporan SPT Tahunan Badan maupun SPT Orang Pribadi, hasil yang lebih baik serta kecepatan yang lebih tinggi diberikan oleh printer laser.

g. Cukup dengan ukuran A4 dan folio, atau butuh A3 sekalian?

Pada penggunaan printer di kantor notaris, akta pendirian perusahaan sering dicetak di atas kertas A3, dengan mode duplex atau 2 sisi otomatis. Selain itu, pencetakan denah gambar atau blueprint juga butuh kertas sebesar A3 atau lebih. Cetakan poster juga akan lebih terlihat dengan jelas apabila dicetak di atas kertas berukuran A3 atau lebih.

h. Adakah kebutuhan mencetak atau memindai dari ponsel atau tablet ?

Dengan memilih printer yang memiliki koneksi wireless atau wi-fi, kita akan lebih mudah dalam melakukan pencetakan atau pemindaian. Dari Windows, iOS maupun Android, pencetakan dan pemindaian dokumen dapat dilakukan murni tanpa kabel. Anda bahkan dapat membuat ponsel Anda sebagai hotspot, lalu menyambungkan printer melalui koneksi wi-fi ke ponsel Anda sendiri.

i. Pentingkah masa garansi ?

Jangan sampai printer yang Anda beli berakhir sebagai sampah hanya karena berakhirnya masa garansi. Pilihlah printer yang memiliki masa garansi yang sepanjang mungkin. Garansi 1 tahun itu sudah biasa. Garansi 2 tahun itu lebih baik. Garansi 3 tahun sudah paling baik yang dapat kita peroleh. Selain batasan tahun, ada pula batasan jumlah lembar yang dihasilkan oleh sebuah printer. Bila angka yang sudah ditetapkan telah dilewati, maka garansi pun hangus.

j. Apakah sudah mendapatkan harga yang terbaik?

Saat mendapatkan penawaran printer, pastikan bahwa penawaran yang Anda dapatkan adalah harga yang terbaik. Anda dapat melakukan survei harga di pusat belanja IT di kota Anda, atau dapat mengecek harga tersebut di bukalapak.com atau hargaprintermurah.com.

 

 

 

 

  1. Bandingkan kelebihan dari printer inkjet daripada printer laser, untuk anggaran yang sesuai.

 

Fitur Laser Inkjet
Kecepatan

Biaya Cetak Sangat Rendah

Anti Air

Tidak Rusak Walau Jarang Digunakan

Kualitas Kehitaman

Kapasitas Baki Kertas Banyak

Cetak Foto Bagus

 

  1. Untuk keperluan khusus, pilihlah printer yang sesuai.

Printer inkjet mampu memberikan warna yang lebih bagus untuk pencetakan foto. Bila hasil cetakan Anda akan
dipindahkan ke kaos atau mug, printer inkjet juga jadi solusinya. Printer laser warna belum dapat memberikan kualitas yang sama dengan printer inkjet.

Printer inkjet juga butuh daya listrik yang lebih kecil sehingga dapat dinyalakan di dalam mobil dengan bantuan power inverter. Printer laser tidak dapat menyala dengan power inverter 150 watt. Untuk biaya cetak warna yang sangat hemat, printer inkjet dapat menjadi pilihan utama.dcp-2540dw

Kualitas cetak warna hitam dari printer laser jauh lebih baik daripada printer inkjet. Kapasitas tray atau baki kertas pada printer laser juga lebih banyak daripada printer inkjet. Artinya, pada saat digunakan, printer inkjet harus ditunggui karena kertas sewaktu-waktu harus dimasukkan kembali sedangkan printer laser dapat ditinggalkan saat sedang melakukan pencetakan.

Apabila ternyata setelah mempertimbangkan dengan matang, Anda butuh printer laser maupun printer inkjet, silakan membeli kedua model tersebut. Setidaknya kini Anda sudah paham, dalam kondisi apakah Anda harus menggunakan printer inkjet dan kapan Anda semestinya menggunakan printer laser.

http://hargaprintermurah.com/

(ART)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *